Thursday, November 21, 2013

RAM ( Random Access Memory)

RAM adalah perangkat elektronik pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat sementara , RAM hanya bekerja menyimpan data pada saat komputer hidup saja (Volatile).

Perkembangan RAM 
RAM memiliki perkembangan yang sangat baik seiring dengan perkembangan generasi komputer, perkembangan ram mulai dari bentuk,model,kapasitasnya. RAM merupakan komponen yang sangat penting, kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja dari komputer. semakin besar kapasitasnya maka semakin cepat komputer. adapun perkembangan komputer adalah sebagai berikut :

SDRAM (mempunyai jumlah pin 168 dan terdapat 2 celah dibagian kakinya yang digunakan untuk komputer Pentium I sampai Pentium 4 model lama. RAM jenis ini sudah sangat ditemui lagi karena sudah diganti dengan model RAM yang baru)
Ranbus RAM (RAM yang digunakan untuk komputer pentium IVyang sudah memiliki fasilitas 2 chanel)
Sybclink DRAM( RAM yang mempunyai bandwidth maximum 1600 MB/sec dan mempunyai kecepatan 200 MHz.)
DDR dan DDR 2 RAM ( RAm yang mempunyai jumlah pin 183 dan hanya terdapat satu celah pada bagian kakinya dan mempunyai kecepatan transfer 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan SDRAM.)
DDR 3 RAM (RAM generasi terbaru setelah DDR 2 yang memiliki kecepatan lebih dibandingkan dengan jenis DDR sebelumnya.)
DDR4  (RAM generasi terbaru setelah DDR 3 yang memiliki kecepatan dan kapasitas lebih dibandingkan dengan jenis DDR sebelumnya.


No comments:

Post a Comment