Monday, October 14, 2013

Peramalan

 Peramalan
                Peramalan atau forecasting adalah kegiatan memperkirakan atau memprediksi apa yang terjadi pada waktu yang akan datang, sedangkan rencana merupakan penentuan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. Peramalan menjadi sangat penting karena penyusunan suatu rencana diantaranya didasarkan pada suatu proyeksi atau peramalan (Assauri Sofyan, 1984).


Peramalan adalah suatu untuk memperkirakan keadaan dimasa yang akan datang melalui pengujian keadaan dimasa lalu. Dalam kehidupan sosial segala sesuatu itu serba tidak pasti, sukar diperkirakan secara tepat. Dalam hal ini perlu diadakan peramalan. Peramalan yang dibuat selalu diupayakan agar dapat meminimumkan pengaruh ketidak pastian ini terhadap sebuah permasalahan. Dengan kata lain peramalan bertujuan mendapatkan peramalan yang bisa meminimumkan kesalahan meramal (forecast error) yang biasanya diukur dengan mean square error, mean absolute error , dan sebagainya.
Berdasarkan sifatnya, peramalan dibedakan atas dua macam yaitu:
1.       Peramalan Kualitatif
Peramalan kualitatif adalah peramalan yang didasarkan atas pendapat suatu pihak, dan datanya tidak bisa direpresentasikan secara tegas menjadi suatu angka atau nilai. Hasil peramalan yang dibuat sangat bergantung pada orang yang menyusunnya. Hal ini penting karena hasil peramalan tersebut ditentukan berdasarkan pemikiran institusi, pendapat dan pengetahuan serta pengalaman penyusunnya.
2.       Peramalan Kuantitatif
Peramalan kuantitatif adalah peramalan yang didasarkan atas data kuntitatif masa lalu (data historis) dan dapat dibuat dalam bentuk angka yang biasa disebut sebagai data time series.
Hasil peramalan yang dibuat sangat bergantung pada metode yang dipergunakan dalam peramalan tersebut. Baik tidaknya metode yang dipergunakan ditentukan oleh perbedaan atau penyimpangan antara hasil ramalan dengan kenyataan yang terjadi. Semakin kecil penyimpangan antara hasil ramalan dengan kenyataan yang terjadi maka semakin baik pula metode yang digunakan.
Jangka wantu peramalan dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu:
1.       Peramalan jangka pendek, peramalan untuk jangka waktu kurang dari tiga bulan.
2.       Peramalan jangka menengah, peramalan untuk jangka waktu antara tiga bulan sampai tiga tahun.

3.       Peramalan jangak panjang, peramalan untuk jangka waktu lebih dari tiga tahun.

No comments:

Post a Comment