Monday, October 21, 2013

Informasi

Informasi
            Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh organisasi, sehingga informasi ini menjadi sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh, kecil dan akhirnya berakhir. Robert N. Anthony dan John Dearden menyebut keadaan sistem dalam hubungannya dengan keberakhiran dengan istilah entropy. Informasi yang berguna bagi sistem  akan menghindari proses entropy disebut negative entropy.
            Informasi dapat didefinisikan sebagai berikut ini.
“informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi yang menerimannya.”
Sumber informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item. Data adalah fakta atau kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian dan kesatuan nyata.


Siklus Informasi
            Data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum dapat berceritera banyak, sehingga perlu dioalah lebih lanjut. Data diolah melalui suatu model untuk menghasilkan informasi.
            Data yang diolah melaui suatu model informasi, penerima kemudian menerima informasi tersebut, membuat suatu keputusan dan melakukan tidakan yang berarti menghasilkan tidakan yang lain yang akan membuat data kembali. Data tersebut ditangkap sebagai input, diproses lewat suatu model dan seterusnya memebetuk suatu siklus.

Kualitas Informasi
            Kualitas dari informasi (quality of information) tergantung dari tiga hal, yaitu informasi harus akurat (accurate), tepat pada waktunya (timeliness), dan relevan (relevance).
Akurat, berarti informasi harus bebas dari kesalahan – kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
            Tepat pada waktunya, berarti informasi yang dating pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah using tidak akan mempunyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan. Bila pengambilan keputusan terlambat maka akan berakibat fatal bagi organisasi.
            Relevan, berarti informasi tersebut harus mempunyai manfaat bagi pemakainya.

No comments:

Post a Comment